Rabu, 14 Maret 2012

No One.....And Nothing..

Percaya dan harapan yang lebih terhadap orang lain adalah hal yang lumrah. Dalam berbagai proses dalam keseharian, kita memiliki ikatan yang yang lebih dengan individu lain, baik secara kita sadari maupun tidak. Semuanya mengalir dengan begitu alami hingga kita sampai pada satu titik dimana kita menjadi percaya dan memiliki harapan terhadap individu tertentu. Namun, disaat kita memutuskan untuk percaya dan menaruh harapan besar memberi arti bahwa zona hati-hati telah kita masuki. Kenapa??

Yaa...ada kemungkinan kita akan kecewa dibalik kemungkinan harapan kita akan terpenuhi. Kita harus menyadari dan realistis bahwa kemungkinannya adalah 50:50. Kita siap bersyukur kala harapan dan kepercayaan itu tepat pada sasarannya dan siap untuk tidak kecewa terlalu dalam kala harapan serta kepercayaan itu tidak sesuai dengan harapan.

Kepercayaan dan harapan yang berlebihan akan berefek buruk pada pribadinya sendiri. Kan memang sudah merupakan pengetahuan umum bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu ga baik, begitu pula dalam konteks ini. Terlalu percaya, akan membuat kita sangat kecewa apabila pihak yang kita percayai itu tidak memenuhi kriteria yang kita percayai. Hal ini akan membuat kita kecewa teramat dalam, hingga berakibat pada gangguan suasana hati yang mungkin membuat kita membenci pihak yang bersangkutan atau mungkin tak henti-hentinya berpikiran buruk kepada yang bersangkutan. Begitu juga dengan menaruh harapan terlalu besar, ada kalanya harapan kita itu hanyalah sebatas pikiran kita, tapi tidak dengan orang yang kita harapkan akan memberikan sesuatu kepada kita. Kita harus siap bahwa nantinya harapan kita tidak terpenuhi karena memang keinginan kita dengan pihak tersebut tidak sejalan. Kekecewaan terhadap harapan yang tak terpenuhi itu juga bisa mengganggu psikologis kita yang dikecewakan. Oleh karena itu, hati-hati. Kita harus terbuka dan fleksible dalam menjalaninya. Ada banyak kemungkinan. Jangan percaya dan memiliki harapan yang berlebihan terhadap orang lain ataupun sesuatu. Karena, terdapat banyak kemungkinan, dan kita harus siap dengan semua kemungkinan itu agar pada akhirnya tidak kecewa terlalu dalam. Jalani saja dengan apaadanya.....Lakukan yang terbaik dimana pun, kapan pun dan untuk siapa pun. Karena setiap kebaikan pasti akan berujung baik. Tidak perlu menyertakan harapan dan kepercayaan yang terlalu besar.

                                                                      *************************************

Tidak ada komentar:

Posting Komentar